Jangan Bingung, Ini 4 Contoh Press Release Beserta Tips Penulisannya

 Jangan Bingung, Ini 4 Contoh Press Release Beserta Tips Penulisannya


Bingung didalam langkah membuat press release kerap dialami oleh staf public relation saat harus menyiarkan informasi berkenaan perusahaan kepada media atau jurnalis.


Bila kamu pun demikian, kamu dapat menyaksikan perumpamaan press release perusahaan ini sebagai gambaran bagaimana pembuatan siaran pers yang baik dan benar. 


Piramida terbalik didalam penulisan press release 

contoh press release EKRUT  jasa press relase

Umumnya pembuatan press release menggunakan susunan piramida terbalik - EKRUT


Sebelum kamu membuat press release, ketahui pernah bahwa umumnya sistem pembuatan press release menggunakan susunan piramida terbalik. 


Piramida terbalik didalam penulisan press release adalah saat kamu menyampaikan informasi perlu di awal paragraf. Lalu menyimpan informasi tambahan di paragraf seterusnya dan di paragraf terakhir tinggal menyimpan informasi yang diakui tidak cukup penting.


Kenapa harus piramida terbalik? Sebab informasi siaran pers itu akan kamu berikan kepada jurnalis, di mana mereka tidak punya banyak saat untuk membaca semua informasi yang kamu berikan. 


Oleh karenanya, untuk menyampaikan esensi berasal dari siaran pers tersebut maka digunakanlah format piramida terbalik ini. Selain itu, format layaknya ini terhitung sudah banyak dipakai oleh jurnalis didalam pembuatan berita. 


Apalagi seandainya menyaksikan hasil riset menunjukkan cuma 10 persen saja pembaca yang membaca berita sampai paragraf terakhir dan umumnya 70 persennya membaca paragraf pertama. 


Adapun penjelasan berkenaan informasi press release bersama susunan piramida terbalik ini yaitu: 


Paragraf awal harus melingkupi informasi perlu berkenaan 5W+1H (What, When, Where, Why, Who dan How) yang akan diberitahukan oleh perusahaan kepada jurnalis. 

Paragraf kedua, seandainya tidak semua unsur 5W+1H tersampaikan di paragraf awal, maka sebagiannya ulang dapat kamu masukkan di paragraf ke dua disertai bersama kutipan sebagai pendukung press release tersebut.

Paragraf ketiga, jelaskan berkenaan detail produk, fitur produk, kelebihan product  atau kutipan berasal dari seseorang di perusahaan yang punya pengetahuan berkenaan product tersebut. 

Paragraf keempat, memuat berkenaan gambaran bisnis, visi misi usaha serta ditambah bersama informasi kontak media perusahaan yang bersangkutan.

Baca juga: Begini langkah membuat visi misi perusahaan dan contohnya


Contoh press release product 

contoh press release EKRUT 

Salah satu perumpamaan press release product adalah saat perusahaan meluncurkan product baru - EKRUT


Press release product atau disebut siaran pers peluncuran product harus utamakan hal yang inovatif didalam product tersebut. Pasalnya tanpa ada inovasi akan tidak cukup menarik bagi jurnalis untuk mengangkat press release itu jadi berita.


Format untuk penulisan press release product sesungguhnya tetap sama bersama format siaran pers lainnya. Adapun format press release peluncuran product adalah sebagai berikut: 


Foto atau video product yang menarik menunjukkan sisi positif dan kelebihan berasal dari product tersebut. Bila harus tambahkan animasi yang relevan sebagai pemanis foto.

Judul, yang isinya dibuat semenarik kemungkinan agar menarik perhatian berkenaan product yang akan diluncurkan.

Dateline, sertakan tanggal, bulan, dan tahun untuk memberitahukan kepada audiens bahwa product sesungguhnya baru. 

Lead, memuat berkenaan gambaran singkat product terhitung di dalamnya menjawab pertanyaan berkenaan 5W+1H (What, when, who, where, why dan how). 

Isi, mengatakan informasi berkenaan product bagaimana gambaran detailnya, keunggulannya, fiturnya yang dijelaskan didalam bahasa yang padat. 

Informasi perusahaan, memberikan informasi berkenaan perusahaan dan produknya agar mempermudah jurnalis mengerti bidang usaha perusahaan. 

Kontak, memuat berkenaan nomer kontak anggota public relations perusahaan yang seandainya dapat dihubungi oleh jurnalis untuk berharap informasi lebih lengkap seandainya diperlukan. 

Adapun perumpamaan press release product dapat kamu menyaksikan formatnya di bawah ini: 


XYZ Otomonia hadirkan new City Car 2020 yang jadi sporty dan keren 


Jakarta (25/12) - PT XYZ Otomania jadi memperkuat posisi ranah otomotif, bersama menghadirkan product terbaru New City Car yang tampil bersama sporty dan ditambah bersama advance features disesuaikan bersama pelanggan di masa kini. 


“New City Car 2020 jadi tidak benar satu product perlu bagi PT XYZ Otomania dikarenakan ini jadi komitmen untuk menghadirkan varian yang paling baik bagi pelanggan. Kami berharap bersama ada New City Car 2020 ini jadi mempermudah mobilitas pelanggan di masa kini dan jadi moderen ikuti pertumbuhan zaman,” ucap VP Director PT XYZ Otomania Agus Sasongko. 


Tampilan sporty City Car 2020 di dukung bersama fitur-fitur terbaru yang utamakan kenyamanan pelanggan. Terdapat pergantian terhadap mobil varian ini yang dapat diamati terhadap anggota eksterior bersama tambahan New Impressive Design Rear Lamp, New Side Body Moulding, New Front Bumper and Grille Design with Black Chrome Element, New Sporty Alloy Wheel Design dan New Black Paint for Elegant Headlamp with LED Guide. 


Di sisi interior dan fungsi advance feature-nya ditambah bersama New AC Central Cluster digital dan memungkinkan New Touch Screen Head Unit yang lebih merasa moderen dan compact. 


“Pada dasarnya desain New City Car 2020 ini jadi jawaban bagaimana kami berasal dari sisi perusahaan menginginkan menghadirkan product yang dapat memenuhi mobilitas anak muda serta memberikan kemudahan tiap tiap fitur mobil yang kami hadirkan,” Marketing Director PT XYZ Otomania Daniel Winanta. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jalan-Jalan Ke Lombok? Berikut Tips Menarik untuk Anda yang Ingin Backpacker-an

Tips Usaha Jualan Pulsa Supaya Laris dan Beromzet Tinggi

Cara Menurunkan Mata Minus Anak Tanpa Operasi bersama dengan Vision Therapy